Robodex
Get this theme?

FoldiMate Robot Pelipat Dan Pelicin Baju

Inovasi teknologi memang tiada hentinya. Banyak penemuan yang kelak nanti bisa memudahkan kehidupan kita. Nah, apalagi buat kamu yang malas melipat cucian kamu. Dilansir dari Dailymail kali ini, datang dari San Fransisco negara bagian California, yang telah berhasil menemukan sebuah penemuan mesin pelipat dan pelicin baju otomatis. Wah, gimana bentuk nya ya?

Mesin Pelipat Baju

Diberi nama FoldiMate, mesin pelipat baju ini rencananya akan dipasarkan pada tahun 2017 ini dan di banderol seharga kisaran antara USD 700 – USD 850 sekitar Rp 10 juta-Rp 11,5 juta. Perusahaan FoldiMate menyebut produk mereka sebagai ‘sahabat Anda dalam melipat pakaian’. Alat ini menggunakan sabuk berjalan, beberapa lengan robot, dan nampan yang bisa diatur untuk mendorong keluar pakaian yang sudah siap dan terlipat. Dikutip dari Daily Mail, situs web perusahaan menuliskan, “FoldiMate adalah mesin pelipat pakaian secara robotik, dan ia hanya mengetahui cara melipat bak seorang pakar. Setiap saat.”

“FoldiMate Family, pelipat pakaian secara robotik yang dibidik untuk pasar rumahan. Akan segara menjadi perangkat wajib di setiap rumah tangga seluruh dunia.”

Dengan ukuran perangkat setinggi 81 cm dan lebar 71 cm, alat ini disebut-sebut cukup ringkas untuk berada di dalam ruang cuci dan dapat dengan mudah dipindahkan ke ruang lain. Beratnya pun hanya 29,5 kg. Alat ini dirancang untuk ditaruh di atas mesin cuci, mesin pengering atau meja yang kokoh. Perusahaan ini menawarkan aksesori berupa meja beroda supaya perangkat ini bisa dibawa-bawa ke tempat biasanya pengguna melipat pakaian. Pengguna cukup menjepit pakaian yang baru saja selesai dicuci pada rak yang menjadi bagian mesin dan terletak di luarnya. Kemudian menekan sejumlah tombol untuk menentukan jenis pakaian, entah celana atau baju.

FoldiMate dapat mendeteksi ukuran pakaian, ketebalan bahan, atau panjang lengannya. Alat ini kemudian menyesuaikan diri berdasarkan informasi tersebut. Selain melipat, alat ini menyeterika baju dengan cara mengurangi lecek pada pakaian karena memiliki mesin uap sendiri. Cara kerja mesin cukup sederhana. Operator hanya menggantungkan pakaian pada pintu mesin mirip akan dijemur dengan posisi tertentu. Perlahan satu persatu pakain masuk mesin dan selang beberapa detik semua baju yang tergantung sudah terlipat dan numpuk pada bagian bawah mesin.

Perusahaan FoldiMate mengaku hanya perlu sekitar 10 detik untuk melipat baju. Perlu tambahan 20 hingga 30 detik untuk menghilangkan kusut pada pakaian. Rak yang ada bisa memegang antara 15 hingga 20 potong pakaian, tapi tidak bisa menangani semua yang ada dalam keranjang cucian. Maksudnya, pengguna masih harus melipat sendiri handuk, pakaian dalam, dan kaos kaki.

Mesin ini sebenarnya telah ada secara komersial sejak 2014, tapi perusahaan berusaha membuat versi yang lebih ramah bagi keluarga dan diperkirakan memasuki pasar pada 2017. FoldiMate sudah menerima pesanan melalui situs web mereka. Harga alat berkisar antara US$700 hingga US$850 (antara Rp 9,4 dan Rp 11,4 juta). Namun demikian, perusahaan menawarkan diskon 10 persen bagi peminat yang membayar uang muka setidaknya US$10 (Rp 134 ribu).

“Kami mengembangkan cara robotik yang dipatenkan untuk melipat pakaian, sehingga mengurangi sepertiga ukuran mesin dengan harga sasaran yang tetap terjangkau oleh pengguna biasa dan bisnis, kurang dari seperlima harga langsung dari pesaing,” demikian sesumbar FoldiMate.

Ayo intip cara kerja mesin ini ketika sedang melipat pakaian dalam video berikut ini:

Join the Discussion

Your email address will not be published. Required fields are marked *

arrow