Sepertinya kemampuan Jepang dalam menciptakan Robot patut diberi acungan jempol. Coba hitung saja, ada berapa banyak Robot yang sudah diproduksi oleh negara sakura ini.

Wah, kalau dihitung-hitung sih, sepuluh jari anda mungkin tidak akan cukup untuk menghitungnya. Sebagai sebuah negara yang terkenal dengan kemajuan teknologinya yang sangat menakjubkan, menciptakan robot tidak lagi seluar biasa yang dibayangkan oleh orang-orang pada umumnya.

Memproduksi robot sudah seperti makan sehari-hari bagi masyarakat Jepang. Meskipun Jepang masih termasuk ke dalam benua Asia, namun jangan heran kalau teknologi Jepang sangat diakui oleh negara-negara besar dan maju lainnya yang ada di dunia.

Yah, biarpun berada di Benua yang sama dengan Jepang, tapi Indonesia masih sangat, sangat, sangat jauh tertinggal dari Jepang. Tidak hanya dalam hal Robot, bahkan dalam segala hal. Wah, sedih banget ya Indonesia ini.

Di Jepang, hampir setengah kegiatan yang dilakukan oleh masyarakatnya menggunakan jasa Robot. Di restoran, di rumah, di kantor dan di jalan, hampir di berbagai tempat anda bisa menemukan berbagai jenis robot di Negara ini.

Kalau dipikir-pikir sih, penggunaan Robot yang terlalu berlebihan di dalam sektor kehidupan masyarakat  juga tidak terlalu bagus sih, karena keberadaan mereka dalam jumlah besar, turut mempengaruhi kehidupan masyarakat.

Contohnya saja, jika seluruh restoran di Jepang menggunakan jasa Robot sebagai pengganti pelayan, apa jadinya nasib masyarakat Jepang yang tinggal di sana? Yang tadinya pekerjaan pelayan restoran tersebut dilakukan oleh manusia, jika diambil alih oleh robot, manusianya kerja apa coba? Banyak pengangguran lah pastinya. Bener nggak, guys?

Tapi apa daya, semakin canggihnya perkembangan teknologi di dunia ini memaksa manusia untuk terus menciptakan penemuan-penemuan mukhtahir termasuk Robot. Tujuan penciptaan Robot-robot ini tidak hanya untuk membantu memperingan pekerjaan manusia.

Tapi juga menjadi sumber pendapatan yang cukup besar untuk perusahaan robot di negara ini. Bayangin aja deh berapa kisaran harga robot-robot Jepang ini, jika dijual ke luar negeri. Pastinya akan bernilai cukup tinggi.

Dari banyaknya jenis robot yang diciptakan di negara ini, ada sebuah robot yang cukup menarik perhatian. Robot ini memiliki kemampuan bermain tenis meja, layaknya seorang atlet yang berpengalaman. Tahu apa nama robot canggih ini?

Robot canggih ini dinamakan Forpheus. Karena kehebatannya dalam bermain tenis meja, Forpheus berhasil memecahkan Guinness World Records dan dinobatkan sebagai robot pertama di dunia yang bisa bermain tenis meja.

Robot tenis meja ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan besar di Jepang yang bernama Omron. Tidak hanya sekedar bisa bermain dan menjadi partner dalam permainan tenis meja, Robot canggih yang satu ini juga sengaja dirancang dengan sebuah kemampuan khusus, untuk menjadi seorang pelatih tenis meja profesional. Perancang robot ini adalah seorang pria yang bernama Taku Oya, yang tinggal di Kyoto.

Pria berbakat ini adalah seorang karyawan yang bekerja di Omron. Dialah yang merancang sistem pergerakan robot tersebut. Dia mengatakan bahwa misi dari penciptaan robot ini adalah sebuah masa depan dimana manusia dan mesin bisa hidup secara berdampingan secara harmonis. Dan untuk mencapai hal ini, perusahaan akhirnya mempunyai ide untuk menciptakan robot yang bisa bermaian tenis meja tersebut.

Dalam tahap penciptaan Robot ini, Taku Oya harus mengalami masa yang sulit selama 3 tahun, pada saat mengembangkan sebuah teknologi, yang memungkinkan robot rancangannya tersebut untuk menilai apakah permainan yang dilakukan oleh lawannya baik atau buruk.

Bisa ngebayangin nggak, gimana rasanya bermain dan berlatih dengan sebuah mesin? Awalnya mungkin agak sedikit aneh pada saat bermain atau bertanding dengan robot yang bernama Forpheus ini. Tapi kalau sudah terbiasa, mungkin anda akan merasa ketagihan untuk bermain.

Tidak hanya bisa menemani anda bermain, robot ini juga ternyata bisa menilai kemampuan permainan anda. Jadi gak perlu lagi deh repot-repot menyewa pelatih untuk melatih anda, karena robot ini bisa melakukannya untuk anda.

Sekarang mungkin anda masih belum paham benar dengan kemampuan robot ini. Dan bahkan ada diantara anda yang mungkin menganggap sepele kemampuan robot tenis meja ini. Untuk meyakinkan anda bahwa Forpheus merupakan robot berkemampuan tinggi, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimilikinya:

  • Bisa menilai ketrampilan anda.
  • Bisa menyesuaikan permainan dari lawan.
  • Bisa memberikan tips kepada anda agar bisa meningkatkan teknik permainan anda.
  • Memiliki kemampuan untuk menganalisa gerakan lawan, seperti: kecepatan dan pergerakan bola.
  • Memiliki tingkat akurasi ketepatan sekitar 90%.
  • Dilengkapi dengan 2 sensor vision, yang memiliki fungsi untuk memantau pergerakan lawan dan mengidentifikasi pergerakan arah bola.
  • Dilengkapi dengan 1 motion sensor, yang berfungsi untuk mengidentifikasi pergerakan lawan.
  • Memiliki alat pengontrol, yang bisa menganalisis kecepatan lawan seribu kali perdetik.
  • Dengan adanya sensor-sensor yang berbeda ini, Robot tersebut mampu memberikan penilaian terhadap skill atau kemampuan pemain

Penasaran dengan cara kerja Robot Forpheus ini? Silahkan tonton video berikut ini, dan anda akan segera mengerti tentang kecanggihannya:

Gimana? Sudah yakin belum dengan kemampuan Robot tenis meja ini? Meskipun kelemahan robot ini terletak pada bobotnya yang terlalu besar namun robot ini cukup menarik perhatian masyarakat untuk memilikinya. Apakah anda juga salah satunya?