Siapa sih yang gak mau punya robot yang bisa membantu meringankan pekerjaan? Tentunya mau donk punya robot seperti itu. Tapi dimana kita bisa menemukan robot seperti itu ya? Hmmm…… kalau mau tau, baca aja artikel berikut ini ya. Mana tau sobat sekalian tertarik sama robot yang satu ini.

Piaggio yang merupakan induk perusahaan dari merek Vespa, melebarkan sayapnya ke dunia robotik. Lewat anak perusahaannya bernama Piaggio Fast Forward, pabrik motor legendaris asal Italia ini memperkenalkan robot perdananya yang diberi nama Gita. Berbalut warna biru muda, Gita termasuk unik di skala robot kurir. Badannya bulat dan bergerak dengan cara menggelinding. Lucu-lucu gimana gitu pastinya ya sob. ūüôā

Untuk produk pertama perusahaan tersebut, Piaggio Fast Forward memperkenalkan Gita, sebuah robot kargo pribadi. Robot dengan tinggi 66 cm ini difungsikan untuk membawa barang penggunanya. Gita juga diklaim bisa berjalan cukup cepat untuk mengikuti pergerakan pengguna. Robot ini dapat berjalan dengan kecepatan hingga 35 km/jam. Robot Gita juga memiliki sistem rem, balancing dan mesin dinamis layaknya sepeda motor berperforma tinggi.

Robot yang dirancang untuk mengangkut barang ini tampil unik dengan desain bulat lengkap serta dengan dua roda di kedua sisinya. Dengan desainnya tersebut Gita diklaim bisa mengangkut barang dengan bobot hingga 18 kg. Canggih banget ya sob si Gita ini.

Tak hanya itu, untuk keamanan Gita juga telah dilengkapi dengan fingerprint ditambah dengan kode agar dapat membukanya. Jadi, orang sembarangan juga tak bisa membuka bagasi Gita sembarangan karena untuk melakukan ini user harus memasukkan kode tertentu. Kamera dan sensor yang berada didalam juga dapat digunakan untuk melacaknya jika sewaktu-waktu robot Gita hilang. Piaggio juga telah membekali robot ini dengan kemampuan navigasi yang terbilang baik, termasuk ketika berada di trotoar. Gita juga dapat mempelajari navigasi di dalam ruangan, termasuk pengambilan keputusan seperti manusia.

Sistem penggerak elektrik Gita bisa dikendalikan oleh pengguna atau berjalan secara otonom di lingkungan yang telah dikenalinya. Dengan demikian robot ini bisa bergerak sendiri mengangkut barang ke tempat tujuan. Robot ini telah lulus uji coba untuk keperluan bisnis.

Saat kita pergi ke suatu tempat untuk berbelanja atau pergi kemana saja. Kita selalu melihat di kanan kiri kita para kaum hawa biasanya dipenuhi dengan tas belanjaan. Mereka tampak kerepotan untuk membawa semua belanjaan. Solusinya? Biasanya benda-benda yang berukuran lebih kecil akan dijadikan satu ke kantong yang berukuran lebih besar.

Dikutip dari Techrunch (17/02/2017) Greg Lynn selaku Chief Creative Officer di Piaggio Fast Forward, membeberkan inspirasi dibalik pembuatan robot kargo Gita “Kami datang dari dunia yang serba ringan, dua dan tiga roda, skuter dan mini truk. Segala seseuatu yang kita buat adalah tentang keringanan dan kemudahan yang dibuat untuk kota padat, seperti Bangkok atau Hanoi, dimana lalu lintas merupakan masalah nyata. Kami ingin mendorong rakyat untuk bergerak lebih bebas dan mudah, bahkan dilingkungan yang padat”.

Chief Executive of Piaggio, Jeffrey Schnapp seperti dikutip dari The Sun, mengatakan “Pikirkan berapa banyak kebebasan yang bisa kamu peroleh saat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya jika beban barang bawaan dipindahkan ke benda ini,” ujarnya.

Jeffrey menambahkan bahwa Gita membebaskan tangan manusia untuk fokus pada tugas sehari-hari yang lebih rumit dan kreatif, dengan cara mengambil alih tugas tersebut.

Lebih lanjut Jeffrey, juga menjelaskan alat ini bisa digunakan untuk menyelesaikan misi.

“Robot ini dirancang agar mampu menyesuaikan dengan pergerakan manusia, dengan kecepatan pelan hingga cepat,” ujarnya.

Sayangnya, Robot Gita sementara ini hanya dirancang untuk kebutuhan masyarakat kota dan belum memiliki kemampuan khusus dalam menghadapi risiko jalanan berkubang atau terjatuh ke dalam air. Wah si Gita gak bisa dibawa ke daerah pedesaan donk ya sob. Meskipun begitu, sambutan hangat terhadap robot ini telah cukup viral di dunia maya.

Untuk sementara, Robot kargo Gita saat ini masih belum diperjualkan. Piaggio Fast Forward berencana untuk melakukan pengembangan dan pengujian lebih dulu, untuk memastikan Gita dapat bergabung dengan baik kedunia masyarakat nanti. Pertengahan tahun nanti Piaggio akan lakukan tes percobaan robot Gita yang akan dijalankan di kampus dan kota-kota di AS. Rencananya, Robot Gita akan dirilis sebelum akhir tahun ini.

Canggih banget kan si Gita ini sob. Si Gita bisa bawain belanjaan kalian lho. Jadi kalian gak perlu repot-repot lagi deh. Gimana, udah mulai tertarik sama robot ini?