Robodex
Get this theme?

“Jia Jia”, Si Cewek Cantik Dari China Ini Ternyata Robot Lho

Jaman semakin canggih dan luar biasa, gak kalah dengan teknologi pembuatan robot yang semakin hari semakin canggih. Bila dahulu bentuk robot sangat kaku dan kekar, kini robot bisa makin menyerupai manusia. China baru saja membuat robot yang sangat mirip dengan manusia. Robot wanita tercantik yang pernah dibuat itu bernama Jia Jia. Imut banget tuh namanya ya. Hehehe 🙂

Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China mengungkap hasil karya mereka yang dirancang selama tiga tahun, yakni sebuah robot perempuan yang diklaim paling mirip dengan manusia sebenarnya. Bagaimana tidak, robot humanoid bernama Jia Jia ini mampu berbicara, menggerakkan bibir, mata, tubuh dan menunjukkan ekspresi wajah. Robot ini juga tentu saja diprogram untuk bisa berinteraksi dengan manusia.

Jia Jia memang sangat cantik sebagai seorang wanita dan sangat mirip dengan Manusia. Robot Jia Jia ditampilkan untuk pertama kalinya pada perhelatan di Hefei, Provinsi Ahui, China. Jia Jia difungsikan sebagai penyambut para tamu. Saat tamu masuk, dia yang akan menyambut sekaligus memperkenalkan diri.

“Halo, saya Jia Jia, selamat datang,” begitulah ucapan robot ini ketika menyapa orang-orang yang hadir di Ruang Pusat Multimedia Universitas. Wah keren banget nih robot bisa nyambut tamu ya. Yang menariknya lagi, saat para pengunjung ingin mencoba mengambil foto selfie, Jia Jia meminta agar mereka berada di posisi tidak terlalu dekat.

“Ini agar saya tidak terlihat terlalu gendut,” kata Jia Jia, seperti dikutip dari Inquistr, Senin, 18 April 2016. Wow, robot aja takut kelihatan gendut apalagi cewek-cewek asli ya girls. Hihihi

Dikatakan Chen, Jia Jia sangat terlihat realistis karena diprogram untuk bisa menggerakkan bibirnya, ditambah dengan ekspresi mikro agar lebih terlihat nyata. Jia Jia juga diprogram untuk memanggil penciptanya sebagai ‘Tuan”.
“Iya, tuanku. Ada yang bisa saya bantu?” ujar Jia Jia saat Chen datang menghampiri. Saat memperkenalkan Jia Jia, Chen menunjukkan jika robot itu bisa mengerjakan berbagai macam tugas seperti melambaikan tangan dan menjawab pertanyaan.

Penciptanya mengklaim Jia Jia bakal jadi satu dari sekian banyak robot yang menyerupai manusia. Bahkan, pada masa yang akan datang, robot seperti Jia Jia bisa mengambil alih pekerjaan manusia seperti bekerja di restoran, hotel, dan pekerjaan rumah tangga. Tak hanya itu, berbagai pilihan aksesori dan busananya membuat robot ini sungguh menyerupai manusia.

Segala kata yang diucapkan oleh Jia-Jia selaras dengan pergerakan bibir dan bola matanya, sehingga nampak natural dan realistis. Jia-Jia juga mempunyai kemampuan navigasi dan fitur lain yang berbasiskan internet dan teknologi penyimpanan awan (cloud). Tak salah bila ilmuwan menyebut Jia-Jia sebagai salah satu robot paling cerdas saat ini.

Sebagaimana dilansir XInHua, robot tersebut dibuat dengan melibatkan tim yang bekerja penuh selama tiga tahun. Tim ini pula yang berhasil merebut juara pertama dalam kompetisi RoboCup Championship 2014 dengan robot bernama Keija buatannya.

Jia Jia sendiri bukanlah robot wanita pertama yang diperkenalkan pada publik. Sebelumnya, publik Hong Kong telah memperkenalkan robot wanita yang juga memiliki tampilan layaknya manusia. Ricky Ma yang berhasil membuat robot dengan wajah mirip Scarlett Johansson dan memperkenalkannya pada publik beberapa waktu lalu. Ada pula robot mirip Kelly Chen yang dibuat Ma pada 2010.

Penemuan robot wanita ini sebenarnya telah menjadi impian para ilmuwan sejak lama. Bahkan sejak tahun 1962, sebuah serial komedi animasi produksi Hanna-Barbera, The Jetsons, telah menampilkan sosok robot wanita yang menjadi pembantu rumah tangga.

Tercatat kini sudah banyak acara perlombaan kontes robot. Beragam jenis robot dipentaskan dengan keunikan dan kemampuan masing-masing. Perlombaan ini tentunya dibuat bukan hanya untuk menunjukkan kemampuan dari pencip­tanya, melainkan untuk menarik kreativitas para ilmuwan maupun anak-anak muda. Dan sekarang, ada robot yang diciptakan menyerupai manusia.

Jia Jia diprogram dengan tujuan agar dapat mengenali interaksi dengan manusia, serta agar dapat digunakan untuk menyimpan kenangan atau memori yang pernah dilakukannya. Namun sayangnya, untuk saat ini robot Jia Jia ini hanya ada satu dan tim penciptanya belum berfikir akan memprokdusinya dalam jumlah yang banyak.

Walaupun kelihatannya sudah cukup sempurna, Jia Jia menurut Xiaoping masih perlu ditambah berbagai pengembangan. Antara lain menambahkan kemampuan ekspresi emosi misalnya menangis atau tertawa. “Kami berniat untuk mengembangkan robot dengan kemampuan belajar. Kami akan tambahkan kemampuan pengenalan ekspresi wajah sehingga mereka bisa berinteraksi lebih aktif dengan manusia,” papar Xiaoping.

Siapa yang menyangka, perempuan cantik itu ternyata hanyalah robot. Pupus sudah deh harapan cowok-cowok yang mau dekatin Jia-Jia, hihihi. Tapi luar biasa banget deh untuk mereka yang bisa ciptakan boneka yang mirip banget sama manusia. Gimana nih anak-anak muda lainnya, tertarik gak untuk membuat robot-robot canggih selanjutnya?

Join the Discussion

Your email address will not be published. Required fields are marked *

arrow