Robot bisa masak? masa iya sih? Ya, memang dijaman sekarang ini teknologi semakin canggih. Teknologi robot memang selalu mempunyai inovasi menarik yang siap membuat kita takjub dan berpikir keras, “gila ya.. bisa jadi secanggih ini”. Robot yang bisa bantu bersih- bersih rumah mungkin sudah biasa, tapi gimana dengan robot asisten yang bisa bantu kamu untuk menyiapkan semua jenis menu makanan yang kamu mau? Wah kebayang gak betapa kerennya ini?

Perusahaan pembuat robot bernama Moley memperkenalkan sebuah robot yang dapat memasak semua makanan yang ada di seluruh dunia. Dan canggihnya lagi, robot yang akan diluncurkan pada 2018 ini bisa mencuci semua peralatan masak setelah melakukan aktivitasnya. Moley mengklaim, ini merupakan robot pertama yang sepenuhnya otomatis. Robot tersebut bahkan dapat belajar bagaimana memasak resep apapun yang ada di internet.

Sebuah modul dapur berupa lengan robotik diciptakan untuk mempermudah kegiatan masak di dapur dalam rumah tangga. Bernama Moley Robotics, robot lengan ini diprogram sedemikian rupa agar bisa menjadi koki andal. Robot pintar ini mampu meniru gerakan tangan dan lengan manusia dengan artikulasi pada bahu, siku, pergelangan tangan, serta jari. Hebatnya lagi, keahlian dari salah satu master chef ternama asal Inggris, Tim Anderson, telah diprogram ke Moley Robotics.

Mengutip dari situs CNet, Anderson sengaja membuat hidangan sup kepiting di mana pergerakannya direkam dalam teknologi tiga dimensi (3D). Pergerakannya lalu diterjemahkan ke dalam algoritma oleh tim Moley, SRC, Stanford University, dan Sant’Anna School of Advanced Studies di Italia. Proses tersebut berhasil membuat robot Moley mampu memasak persis dengan cara Anderson.

“Jujur, awalnya saya kira tak akan berhasil. Saya pilih sup kepiting karena proses pembuatannya sangat menantang bagi koki manusia sekalipun, apalagi untuk sebuah mesin,” tutur Anderson. Anderson mengaku terkesima melihat hasil dari robot Moley yang mampu memasak seperti caranya sendiri. “Saya sangat kagum. Ini adalah awal sebuah kesempatan baru untuk memproduksi hidangan yang baik, khususnya bagi orang-orang yang mau menelusuri masakan dunia,” Anderson menambahkan.

Robot Moley pertama kali diperkenalkan pada perhelatan teknologi Hannover Messe di Hannover, Jerman. Moley Robotics Automated Kitchen dilengkapi dengan sejumlah peralatan, seperti lemari hingga peralatan untuk memasak. Dalam uji coba sebelumnya, Robot koki ini juga terbukti bisa memasak resep apapun yang tersaji di internet.

Robot ini juga dapat beroperasi secara offline dengan resep yang sudah didownload sebelumnya dan dapur juga bisa secara manual digunakan saat sang robot dinonaktifkan. Jadi, benar- benar bisa digunakan dengan canggih sesuai kebutuhan. Untuk  menggunakan robot ini, pengguna dapat memilih menu dari jarak jauh (dari luar rumah) dan kembali ke rumah untuk menyantap makanan yang baru dimasak. Saking canggihnya, Moley juga mengklaim bahwa robotnya dapat membuat ratusan hidangan, termasuk menu sup kepiting buatan master chef Tim Anderson yang dikenal mempunyai tingkat kesulitan tinggi.

“Kamu bahkan bisa menentukan jumlah porsi, jenis masakan, pembatasan diet, jumlah kalori, bahan yang diinginkan, metode memasak, mengukur bahan-bahan, dan setelah itu tekan ‘start’,”  kata CEO Moley, Mark Oleynik. Setelah itu, lanjut Oleynik, robot akan bekerja menyajikan hidangan dan mencuci semua peralatan dapur setelah kamu selesai makan.

Anderson menciptakan robot sebagai perpanjangan tangan dari chef. Robot ini sama seperti buku panduan memasak atau tutorial video yang diposting di Youtube. Pembuatan robot ini bertujuan untuk mempelajari teknik memasak dari chef profesional. Selain itu, diharapkan robot ini dapat membuat masakan yang sempurna dari waktu ke waktu.

Hebatnya lagi, robot ini tidak bisa membikin kesalahan seperti menabrakkan lengannya atau menjatuhkan peralatan masak. Robot chef tersebut bekerja hampir sempurna dan dapat menyimpan 2.000 resep pada perpustakaan digitalnya. Moley bakal disempurnakan dengan motion camera, termometer, serta aplikasi smartphone sebagai controller.

Tapi, di balik fiturnya yang menawan, Moley masih memiliki beberapa kekurangan. Moley masih belum bisa merasakan atau membau, yang merupakan kemampuan utama seorang chef. Chef profesional juga tidak perlu takut perannya akan diambil oleh Moley. Sebab, robot chef tersebut tidak bisa kreatif dalam mengembangkan atau membuat sebuah resep baru.

Robot Moley kabarnya akan tersedia di pasaran sekitar tahun 2017 dan 2018, dengan harga sekitar US$ 15 ribu atau Rp 194 juta hingga US$ 72 ribu atau Rp 931 juta. Moley Robotics juga sedang mencari cara agar robot ini dapat diproduksi dengan biaya yang terjangkau, sehingga dapat dijual dengan harga 10.000 poundsterling saja atau sekitar 260 juta rupiah.

Waw, bayangin guys kalau kita memiliki Moley. Kalau waktu kecil dulu, kita selalu membayangkan bahwa ada robot yang bisa masak, alangkah senangnya jika kita dapat menikmati makanan lezat hanya dengan menekan tombol-tombol saja. Tapi sekarang itu bukan lagi khayalan setelah munculnya Moley. Berkat teknologi canggih, robot yang bisa memasak kini telah hadir di dunia nyata. Apakah Anda berminat?