All for Joomla All for Webmasters

Menyapu dan mengepel rumah adalah rutinitas sehari-hari yang wajib dikerjakan. Apalagi jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga. Tapi tenang saja, mulai sekarang Anda tidak perlu repot lagi untuk mengerjakan semua tugas-tugas rumah tangga tersebut. Ini semua karena telah hadirnya “Robot Pembantu Rumah Tangga” yang berfungsi untuk membantu meringankan pekerjaan rumah tangga Anda.

Salah satu negara maju yang bisa menciptakan robot canggih ini adalah Jepang. Orang Jepang sangat hebat karena bisa menciptakan robot ini. Robot ini bisa menyapu dan mengepel serta tugas-tugas lainnya. Robot rumah tangga satu ini dapat bekerja secara otomatis dengan sensitivitas yang tinggi dalam mendeteksi debu di dalam rumah Anda. Robot ini bukan hanya bisa mengerjakan tugas-tugas rumah tangga tetapi juga dapat dibawa ke supermarket.

Selain Jepang, negara lain yang juga menciptakan robot rumah tangga adalah Prancis. Robot ini bernama Romeo, yang di buat untuk membantu para lansia atau orang yang memiliki cacat tubuh dalam melakukan tugas sehari-hari. Romeo dinilai sangat berguna, selain karena bisa menjadi seperti asisten sungguhan, tidak berbahaya, dia pun dapat berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya.

Aldebaran Robotics sudah merancang robot pembantu ini sejak tahun 2009 dan saat ini Romeo sudah siap untuk memenuhi semua harapan para peneliti dan tentunya para orang tua karena akan sangat berguna bagi mereka.

Dengan berat sekitar 40 kilogram, Romeo dapat membantu manusia terutama lansia untuk membantu mereka dalam kegiatan sehari-hari. Selain bentuknya yang seperti manusia, ukurannya juga sangat sesuai untuk melakukan berbagai macam tugas di rumah.

Romeo si robot pembantu dapat membantu Anda membukakan pintu, membawakan anda barang-barang, bahkan mengambil sesuatu di tempat yang tinggi dengan naik ke atas kursi. Romeo dapat memahami dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya dengan cara mendeteksi ekspresi wajah seseorang.

Robot yang didesain untuk dapat membantu manusia dalam kegiatan sehari-hari ini menggunakan teknologi yang disebut force control, di mana Romeo dapat mengontrol gerakannya sendiri. Dia mampu memutuskan seberapa besar kekuatan yang harus dikeluarkan, sesuai dengan tugas yang akan dilakukan.

Semua informasi perintah dapat diterima Romeo melalui beberapa sensor yang tersebar diseluruh bagian badannya, seperti kamera dan sensor sentuh. Lebih canggih lagi, selain dapat membantu melakukan pekerjaan sehari-hari, Romeo pun dapat berperan sebagai teman. Robot ini dapat merasakan emosi manusia, berbicara, memiringkan kepala, bahkan melakukan kontak mata yang membuat robot ini benar-benar seperti manusia. Tetapi sayangnya robot ini belum bisa dibeli. Pusat penelitian mengatakan perlu satu atau dua dekade lagi agar bisa memproduksi robot setinggi 1,5 meter ini secara masal.

Selain dua robot tersebut, Anda juga disuguhkan dengan robot-robot lainnya yaitu:

1. Apripoco

Apripoco adalah robot berbentuk seperti kura-kura, robot pintar ini dapat membantu pekerjaan rumah seperti menyalakan resquker, memasak air dan pekerjaan rumah lainnya.

Cara menggunakannya cukup dengan perintahkan dengan berbicara pada robot Apripoco itu. Dan dia langsung mengerjakan perintah sang majikan.

2. Robot PR2

Perusahaan Willow Garage dari Silicon Valley telah memasarkan robot PR2 buatan mereka. Robot ini memiliki dua tangan pemegang, scanner laser dan banyak sekali kamera untuk melipat pakaian, menyajikan minuman, membersihkan meja, hingga bermain bilyard. Bila baterainya kritis, ia secara otomatis mencari sendiri stop kontak dan mengisi kembali baterainya.

3. RoboCleaner RC3000

Hasil gambar untuk robot pembantu rumah tangga di jepang

Ini alat pembersih lantai yang menggunakan kombinasi sapu dan vacuum (penyedot) debu dan kotoran. Dengan teknologi robotic, alat ini dapat bekerja secara otomatis untuk membersihkan ruangan dengan sempurna tanpa menyisakan debu di lantai maupun di karpet. RoboCleaner juga dilengkapi alat navigasi dan fitur sensor, sehingga mampu mendeteksi benda-benda yang ada di sekitarnya seperti kabel, furnitur dan lain-lain. Tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan Anda, karena alat ini juga dilengkapi sensor yang dapat mendeteksi tangga, sehingga alat ini tidak akan terguling.

4. HERB

HERB (Home Exploring Robot Butler) mungkin akan menjadi pesaing para pembantu rumah tangga di masa depan karena robot ini memang akan melakukan banyak tugas rumah tangga mulai dari cuci piring, ambil makanan sampai buang sampah.

HERB yang dikembangkan oleh Quality of Life Technology Center dan Carnegie Mellon University menggunakan 6 buah komputer dan banyak sensor untuk melakukan banyak tugas di sekitar dapur.

Di dalam demonya diperlihatkan bagaimana HERB mengambil minuman yang kita minta dan kemudian langsung memberikannya pada saat tangan kita mendekati minuman tersebut.

5. Kojiro

Hasil gambar untuk robot pembantu rumah tangga di jepang

Ilmuan di Tokyo University’s JSK Robotika Laboratorium, telah menciptakan sebuah robot humanoid bernama Kojiro, uniknya ia bisa bergerak dalam mode alami karena memiliki struktur kerangka mirip dengan manusia dan memiliki tulang belakang buatan. Canggihnya lagi, terdapat sekitar 100 sistem mirip otot tendon yang memungkinkan Kojiro lebih bebas bergerak. Sensor ditambahkan ke beberapa sendi dan accelerometer serta dua gyroscopes untuk membantu keseimbangan robot.

  • Kelebihan menggunakan Robot Pembantu Rumah Tangga:
    · Lebih praktis
    · Tidak menguras tenaga
    · Efisien
    · Bisa menjadi teman (Lansia) dikala bosan
    · Bisa digunakan lebih lama tanpa lelah (Jika dibandingkan dengan PRT)
  • Kekurangan menggunakan Robot Pembantu Rumah Tangga:
    · Harga yang relative mahal
    · Perawatan yang relatif ribet
    · Belum dijual secara luas
    · Mengurangi pekerjaan manusia

Gimana nih untuk ibu-ibu rumah tangga? apa Anda berminat untuk membelinya?

Related Posts